5 Alasan Buat Kamu Pencari Kerja Untuk Punya Akun LinkedIn

Semakin berkembangnya dunia teknologi kini membuat munculnya berbagai macam media sosial terbaru yang semakin populer hingga terkenal di masyarakat. Salah satunya yaitu media akun LinkedIn.

Mungkin di telinga kamu sudah tidak asing lagi dengan media sosial yang satu ini. LinkedIn biasa digunakan seseorang untuk mencari informasi lowongan kerja hingga membangun koneksi dengan orang lain. Mayoritas pemilik akun memanfaatkan media ini untuk kebutuhan professional. 

Untuk kamu yang masih ragu atau belum memiliki akun aplikasi ini, kamu bisa menyimak beberapa alasan mengapa harus memiliki akun LinkedIn. Tidak ada salahnya bila aktif di media sosial ini karena akan membantu kamu untuk mendapatkan sebuah pekerjaan nantinya. 

Alasan Kamu Harus Punya Akun LinkedIn

1. Tempat Membangun Personal Branding

Gambar : Career.uii.ac.id

LinkedIn adalah tempat berkumpulnya para profesional terutama para recruiter hingga HRD. 

Maka dari itu, kamu bisa membangun personal branding dengan mencantumkan berbagai macam pengalaman organisasi, internship maupun membagikan aktivitas belajarmu di akun profil yang kamu miliki. 

Perlu kamu ketahui bahwa recruiter zaman sekarang suka mengecek profil talent-talent yang mereka incar, lho!

2. Tempat Memantau Perusahan Impian

https: img.okezone.com content 2017 04 01 320 1656396 tips-karier-cara-jitu-meraih-pekerjaan-di-perusahaan-impian-FZUiAqxgEl.jpg
Gambar : Economy.okezone.com

Bukan hanya kamu yang bisa membuat akun LinkedIn, tetapi perusahan favorit incaran kamu juga bisa lho.

Biasanya perusahan cukup sering update akan kegiatannya. Kamu bisa memantau hingga menilai bagaimana budaya perusahaannya. 

Selain itu, informasi mengenai lowongan pekerjaan juga sering di posting melalui akun mereka.

Menyukai topik ini ? Yuk baca juga:

5 Alasan Mengapa Seorang HR Menolak Lamaranmu

Tips Promosikan Bisnis Melalui Sosial Media

Era Mobil Listrik Telah Dimulai: Inilah Brand dan Jenis Mobil Listrik yang Bisa Kamu Beli!

3. Memperluas Koneksi

Gambar : Mrshadeed.com

Seperti penjelasan diatas bahwa selain mencari informasi lowongan pekerjaan akun LinkedIn ini bisa digunakan untuk memperluas koneksi pertemanan. 

Mengembangan relasi itu penting bangat untuk pengembangan karir kamu. Nah, melalui media sosial ini, kamu bisa saling berhubungan dengan orang lain tanpa harus saling kenal dan tentunya merupakan hubungan yang profesional. 

4. Menjadi Motivasi dan Acuan untuk Membangun Karir

orang sukses
Gambar : Daihatsu.co.id

kalau kamu belum mengetahui apa yang harus kamu lakukan untuk membangun sebuah karir, maka salah satu caranya adalah dengan melihat seseorang di LinkedIn yang posisi dia saat ini sama seperti apa yang kamu inginkan. 

Kamu bisa melihat apa saja yang mereka kerjakan, internship apa yang dia coba, volunteering apa yang diikuti, dan lain sebagainya. 

Sehingga akun LinkedIn seseorang tersebut bisa menjadi motivasi dan acuan untuk Membangun Karir kamu. Positive vibes-nya bisa nular gitu!

5. Tempat Cari Pekerjaan 

job search
Gambar : Expat.com

Pasti sudah tidak asing lagi bahwa sosial media yang digunakan untuk mencari pekerjaan adalah LinkedIn.

Banyak perusahaan yang membagikan lowongan internship maupun pekerjaan. Selain itu, banyak juga lowongan kerja yang diberikan oleh karyawan perusahan/HRD itu sendiri di akun LinkedIn.

Nah, itulah beberapa alasan penting alasan mengapa kamu harus memiliki akun LinkedIn. Agar semakin menambah nilai plus dalam mengoptimasi akun LinkedIn dengan membuat dan membagikan berbagai konten. Semoga bermanfaat ya sobat Yaasmin!

Penulis : Rizky Dita Prayogies

Editor   : Syahrani Alifia

Referensi Gambar:  Nesabamedia. diakses pada tanggal 11 Oktober 2021

Referensi Tulisan : 

Soffyaranti. 5 Alasan Penting Kamu Harus Punya Akun LinkedIn. diakses pada tanggal 11 Oktober 2021

Vistaeducation. Ini Alasan Kamu Harus Punya Akun LinkedIn Sebelum Lulus. diakses pada tanggal 11 Oktober 2021

  • Transition Words: Firstly. Secondly. Thirdly. Fourthly. After That. Moreover. In conclusion. Therefore. In other words. However. For instance. Above all. In addition. Similarly. Also. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. But. Certainly. Therefore. Chiefly. Comparatively. In addition. A. Consequently. Contrarily. Conversely. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. Additionally. Again. Also. And. As well. Besides. Equally important. Further. Furthermore. Then.

Comments

Leave a Comment