5 Alasan Mengapa Seorang HR Menolak Lamaranmu

Hallo Sobat Yaasmin, mendapat hadiah undian atau ungkapan cinta diterima oleh kekasih mungkin adalah dua hal yang terasa sangat menyenangkan dalam hidup, bukan? Namun, ada hal lain yang perlu kamu tau dan tak kalah menyenangkan serta melegakan, yaitu diterima bekerja pada perusahaan yang menerima lamaranmu. Walaupun terkadang, banyak perusahaan yang menolak, tetapi kamu tetap terus mencoba.

Buat kamu yang sudah melamar kerja ke puluhan perusahaan dan mengikuti begitu banyak interview ke sana kemari, tetapi mengapa selalu berakhir ditolak serta tanpa tahu alasan yang jelas. Kira-kira kenapa, ya sobat?

Oleh karena itu pada artikel kali ini, akan membahas mengenai berbagai macam alasan yang membuat HR (Human Resources) perusahaan menolak lamaran kerjamu. Tak menutup kemungkinan juga seseorang membuat kesalahan yang sama berkali-kali ketika melamar pekerjaan.

Alasan HR Menolak Lamaranmu

CV Kamu Memiliki Isi yang Kurang Struktur dan Informasi

Sumber by freepik.com

Bagian terpenting dari sebuah CV ada 3 antara lain biodata, work experience dan achievement. Kemudian terkait desain CV sendiri, seorang HR mengatakan bahwa desain CV sesuai selera pelamar, tetapi perlu diingat bahwa banyak dari HR di perusahaan yang membutuhkan design CV sederhana. Namun, berisi dan padat dibandingkan design bagus dan kreatif tapi minim informasi.

Requirement atau Persyaratan Dasar akan Posisi yang Dilamar

Sumber by freepik.com

Saat posisi yang dilamar dan requirement kamu kurang sesuai, maka kemungkinan lamaranmu akan ditolak sebagai contoh lowongan membutuhkan persyaratan dasar memiliki sertifikasi A, tetapi pelamar tidak memilikinya sehingga kemungkinan pelamar tersebut akan di reject.

Posisi Tersebut di Freeze

Sumber by freepik.com

Dalam kondisi pandemi sekarang ini sering terjadi adanya posisi lowongan yang di freeze atau jika di team HR disebut dengan Freeze Headcount, dimana  posisi lowongan tersebut dimatikan karena terkait dengan penurunan biaya perusahaan. Sehingga, posisi lowongan tersebut  ditiadakan.

Baca Juga:

Simak Tips Agar Menjadi Pelamar Kerja Idaman Para HRD

Simak 5 Rekomendasi Software HRD Terbaik

Do & Don’t ini akan Tuntun Kamu Dapat Panggilan Kerja

3 Tips untuk Memulai Hobi Fotografi

Attitude Pelamar

Sumber by freepik.com

Para HR beberapa kali sering mendapati pelamar yang kurang memiliki attitude atau sikap yang baik. Contohnya yaitu  team HR menghubungi pelamar untuk datang interview di jam yang disepakati dan kandidat setuju. Namun, pada saat beberapa jam sebelum interview kandidat menghubungi dengan menggunakan alasan yang tidak masuk akal. Oleh karena itu para HR  akan langsung me-reject kandidat tersebut .

Disiplin

Sumber by freepik.com

Faktor ini merupakan faktor yang sangat penting sebab disiplin adalah modal dasar dalam perekrutan kandidat. Para pelamar diharapkan datanglah tepat waktu sebelum interview agar dapat memprediksi kemungkinan telat di jalan serta segera follow up email dari HR jika memang ada berkas yang harus dikirimkan pelamar.

Sebenarnya banyak faktor yang membuat HR menolak lamaranmu di tahap awal, tetapi lima hal yang penulis sampaikan pada artikel kali ini adalah faktor-faktor penolakan utama sebagai HR terhadap kandidat kerja.

Nah, Itu dia sobat Yaasmin berbagai macam hal yang bisa jadi alasan kamu ditolak kerja. Penulis harapkan setelah membaca artikel ini, semoga kamu semakin paham apa saja yang harus dihindari dalam proses perekrutan, apa yang perlu diperbaiki ke depannya, dan seterusnya.

Penulis tahu bahwa ditolak berkali-kali pasti menyebalkan bukan? Namun, satu hal yang perlu diingat janganlah patah semangat dalam masa depan yang kamu impikan. Semangat dan good luck, Sobat Yaasmin!

Penulis: Albert Irfando Sinaga

Editor: Devi Oktaviana

Sumber Gambar: Freepik.com

Referensi: Humaira Aliya 8 Kemungkinan Alasan Lamaran Kerjamu Ditolak Perusahaan (Diakses pada 10 Oktober 2021)

Nabilla Tashandra 5 Alasan Umum Ditolaknya Pelamar Kerja (Diakses pada 10 Oktober 2021)

Yanuar Sebagai HRD, apa yang membuatmu menolak sebuah lamaran pekerjaan? (Diakses pada 10 Oktober 2021)

  • Transition Words: Firstly. Secondly. Thirdly. Fourthly. After That. Moreover. In conclusion. Therefore. In other words. However. For instance. Above all. In addition. Similarly. Also. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. But. Certainly. Therefore. Chiefly. Comparatively. In addition. A. Consequently. Contrarily. Conversely. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. Additionally. Again. Also. And. As well. Besides. Equally important. Further. Furthermore. Then.
  • Share this post

Comments

Leave a Comment