5 Kunci Membangun Program Training dan Pengembangan yang Efektif

Banyak dari perusahaan yang belum memperbarui pelatihan dan pengembangan karyawan pada saat yang penting seperti ini. Training atau melatih dan mengembangkan karyawan baru menjadi tantangan terbesar dalam sebuah perusahaan. Hal itu disebabkan karena lingkungan bisnis yang cepat berubah. 

Sebelum mengetahui apa kunci yang  akan membangun program training ini, Sobat Yaasmin harus tahu apa sih training itu.  Training adalah usaha perusahaan dalam pengembangan keterampilan yang dilakukan kepada karyawan untuk mencapai standar perusahaan.

Berikut adalah lima langkah kunci yang harus kamu pertimbangkan untuk membangun dan memperbarui program pelatihan dan pengembangan yang efektif.

Yuk baca juga !

5 Alasan Mengapa Seorang HR Menolak Lamaranmu

Kreator Konten Inspiratif ini Bermula dari Freelance

Intip Rekomendasi Buku Favorit Maudy Ayunda, ada Filsafat sampai Pengembangan Diri!

5 Langkah Untuk Membangun dan Memperbarui Program Pelatihan dan Pengembangan yang Efektif

Elegant man in suit showing two partners a paper Free Photo
Gambar : Freepik.com

1. Menolak ukur terhadap kompetisi

Sebelum setuju untuk mendukung inisiatif baru, para pemimpin perusahaan selalu ingin tahu apa yang dilakukan pesaing dan apakah yang Sobat Yaasmin lakukan untuk perusahaan. Hal ini tentu berlaku untuk pelatihan dan pengembangan. 

Selain itu, Sobat Yaasmin dapat melihat media sosial tentang pendapat pelanggan bagaimana fasilitas dan pesaing  perusahaan. Kepuasaan dari banyak orang juga dapat mendukung permintaan untuk training dan pengembangan baru karyawan.

Tolak ukur dapat juga dilakukan dengan menggunakan startup lain apa yang mereka lakukan dan tidak lakukan. Ini adalah jenis informasi untuk mengembangkan pelatihan karyawan baru.

2. Survei karyawan Anda

Sumber informasi terbaik tentang kinerja dan kebutuhan organisasi adalah karyawan saat ini. Survei ini bertujuan untuk fokus melihat apa yang karyawan inginkan dan butuhkan. Karyawan ingin dilatih oleh seseorang yang tahu apa yang mereka bicarakan. 

Perusahaan akan memilih supervisor atau karyawan yang berprestasi, lalu melatih mereka menjadi pelatih sehingga mereka tahu apa dan bagaimana melatih, dan bagaimana membuat pelatihan itu menarik dan relative.

3. Menyeimbangkan pelatihan dengan tujuan operasi manajemen

Manajemen akan selalu memiliki tujuan seperti kinerja yang baik, produktif, kepuasan seorang pelanggan dan masih banyak lagi. Setelah Anda mengetahui tujuannya, Anda dapat merancang program yang ditargetkan. Selain itu, cari orang lain di perusahaan yang memiliki kebutuhan yang dapat dipenuhi dengan pelatihan. 

Perusahaan biasanya mendukung pelatihan kepatuhan, pemasaran dan penjualan mungkin mendukung pelatihan yang meningkatkan kualitas dan konsistensi. Melainkan sebagian besar daro departemen akan mendukung pelatihan keterampilan pengawasan yang meningkatkan kepuasan karyawan.

4. Terus berinovasi

Bantuan yang diperlukan oleh seorang manajer yaitu membantu memasukkan keahlian subjek mereka ke dalam forum pelatihan dan pembelajaran yang sesuai. Dengan mengikuti perkembangan teknologi akan sangat membantu perusahaan dalam perubahan pengembangan karyawan. 

Selain itu, dengan berinovasi bersama teknologi akan meningkatkan konten dan metode penyampaian program training dan pengembangan ini. Makanya sangat diperlukan sebuah inovasi yang terus mengalir.

5. Mengukur hasil

Perusahaan yang sukses mengukur hasil bertujuan untuk memastikan mereka terus mendapatkan keuntungan terbesar. Tindakan terbaik yang paling sederhana adalah  menggabungkannya ke dalam program pembaruan program training sehingga semua orang tahu termasuk karyawan apa yang diharapkan perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan sudah dipastikan untuk bagian HRD yang sudah menjadi pelatih agar mengevaluasi kinerja karyawannya. Terutama saat selama periode perkenalan antara karyawan dan manajer. Evaluasi tersebut dilakukan untuk mengetahui hasil pekerjaan dari karyawan.

Selain itu, ini juga bertujuan untuk memberikan umpan balik dan pembinaan yang membangun agar karyawan tahu kinerjanya masing-masing secara real time.

Setelah mengetahui kunci untuk memperbarui perusahaan dengan pengembangan dan melatih karyawan merupakan cara terbaik. Mengapa demikian? Karena untuk menepati janji kualitas dan keunggulan sebuah perusahaan kepada tamu.

Penulis: Alivia Sekar Firnanda

Editor: Syahrani Alifia

Referensi gambar: Freepik.com

Referensi penulis: 

Yuniar, Maria. 7 Tips Training Karyawan Baru Yang Harus Diperhatikan. diakses pada 11 Oktober 2021.

Yudiono, Herman. 9 Metode Umum Pengembangan Karyawan. diakses pada 11 Oktober 2021. 

  • Transition Words: Firstly. Secondly. Thirdly. Fourthly. After That. Moreover. In conclusion. Therefore. In other words. However. For instance. Above all. In addition. Similarly. Also. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. But. Certainly. Therefore. Chiefly. Comparatively. In addition. Concurrently. Consequently. Contrarily. Conversely. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. Additionally. Again. Also. And. As well. Besides. Equally important. Further. Furthermore. Then.

Leave a Comment