Data Analyst, Profesi Populer Dengan Gaji Menjanjikan

Halo Sobat Yaasmin. Akhir-akhir ini profesi data analyst banyak ditemukan baik pada iklan lowongan pekerjaan maupun pelatihan online. Sebenarnya apa sih data analyst itu? Yuk kita bahas bareng-bareng.

Data analyst merupakan sebuah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk mengolah data dan menerjemahkannya agar mudah dimengerti baik oleh orang yang awam sekalipun. 

Data yang digunakan biasanya adalah data penjualan, riset pasar, logistik, biaya transportasi atau data lain yang dibutuhkan perusahaan.Seiring dengan era digitalisasi, kebutuhan akan profesi ini pun terus meningkat.

Tugas dan Tanggung Jawab

Man in Black Suit Jacket Using Laptop Computer
Gambar : Pexels.com

Seorang data analyst ternyata memiliki banyak tugas loh Sobat Yaasmin. Dengan angka dan informasi yang ada, pekerja dibidang ini harus mampu menafsirkan, menganalisa, dan menggunakan teknik statistik dan menyerahkan laporan hasil kerjanya.

Selain itu, mereka juga mengembangkan dan mengimplementasikan database, sistem pengumpulan data serta mengoptimalkan efisiensi dan kualitas statistik.

Data-data yang mereka gunakan juga mereka kumpulkan sendiri baik dengan menggunakan data primer maupun sekunder. 

pekerjaan ini juga dituntut mampu memahami tren atau pola tertentu yang membantu perusahaan untuk mengambil keputusan terbaik untuk kelangsungan perusahaan.

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi data analyst

Nah untuk Sobat Yaasmin yang tertarik dengan pekerjaan ini, ada beberapa skill yang harus kamu asah. 

1. Bahasa pemograman

Data Codes through Eyeglasses
Gambar : Pexels.com

Bahasa pemrograman yang biasanya digunakan dalam profesi ini adalah SQL (Structured Query Language). SQL adalah bahasa yang dirancang untuk membantu mengelola informasi di sebuah database. 

Tools lain yang biasanya digunakan yaitu MySQL, SQL server, PostGre, dan lain-lain. Bahasa pemrograman lain yang digunakan yaitu python dan R programming.

Jika kamu tertarik untuk menjadi data analyst, jangan lupa untuk mempelajari hal-hal tersebut ya Sobat Yaasmin.

2. Konsep Statistik dan Matematika

Woman Holding Books
Gambar : Pexels.com

Seorang data analyst juga harus mampu memahami penerapan konsep statistika dan matematik dalam proses analisis. Hal ini dilakukan agar analisis data lebih akurat dan tersistem.

Biasanya perangkat lunak yang digunakan yaitu Microsoft Excel, SPSS, SAS, dan perangkat lunak lainnya.

3. Visualisasi Data

Person Holding Pen Pointing at Graph
Gambar : Pexels.com

Visualisasi data merupakan hal yang sangat penting dalam proses akhir analisis data. Hal ini dikarenakan data yang ada harus disajikan secara menarik, mudah dimengerti, dan komunikatif.

Oleh karena itu, kemampuan untuk memvisualisasikan data merupakan hal yang wajib dimiliki.

4. Kemampuan Analisis yang Baik

Team Having a Meeting
Gambar : Pexels.com

Sebagai data analyst yang memiliki tugas menganalisis, tentu harus memiliki kemampuan analisis yang baik. Hal ini sangat penting karena laporan yang dihasilkan akan mempengaruhi keputusan perusahaan. 

5. Dapat Berkomunikasi dengan Baik

Man Wearing Gray Dress Shirt and Blue Jeans
Gambar : pexels.com

Kemampuan berkomunikasi merupakan hal yang penting hampir untuk semua profesi. Dalam hal analisis data, kemampuan komunikasi juga sangat penting karena berpengaruh pada komunikasi antar tim dan penyampaian hasil analisis pada audiens.

Tertarik dengan topik ini ? Yuk baca juga :

5 Tools Untuk Mempermudah Data Analisis

Strategi Inbound Marketing

Jaringan Seluler: Sudah Lima Generasi (5G)

Gaji Data Analyst

Unrecognizable man holding wallet with money
Gambar : Pexels.com

Pekerjaan ini ternyata memiliki gaji yang lumayan loh Sobat Yaasmin. Rata-rata gaji pada profesi ini adalah 11 juta dengan kisaran gaji terendah hingga tertinggi yang dimiliki yaitu 4-14 juta rupiah. 

Nah itu dia penjelasan mengenai profesi ini. Jika kamu tertarik menekuni atau ingin beralih profesi menjadi seorang data analyst, jangan lelah untuk terus mengasah skill-mu ya Sobat Yaasmin. Stay healthy dan tetap semangat!

Penulis : Ishmah Nurhidayati

Editor : Syahrani Alifia

Sumber gambar : Pexels.com

Referensi :

Adani, Muhammad Robith. Profesi Data Analyst, Gaji, Tugas, dan Skill yang Wajib Dikuasai. Diakses pada 13 Oktober 2021

Pintaria. Data Analyst. Diakses pada 13 Oktober 2021

  • Transition Words: Firstly. Secondly. Thirdly. Fourthly. After That. Moreover. In conclusion. Therefore. In other words. However. For instance. Above all. In addition. Similarly. Also. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. But. Certainly. Therefore. Chiefly. Comparatively. In addition. A. Consequently. Contrarily. Conversely. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. Additionally. Again. Also. And. As well. Besides. Equally important. Further. Furthermore. Then.

Comments

Leave a Comment