Jarang Diketahui, Lima Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Mendengar kata Jurusan Sastra Inggris kita seringkali kita terpikirkan akan peluang pekerjaan seperti guru atau dosen, pemandu wisata, translator, dan penulis. Ini menandakan masih banyak masyarakat kita kurang mengetahui lapangan kerja jurusan Sastra Inggrus sehingga peminat jurusan ini terbilang sedikit. Padahal sebenarnya saat ini ada berbagai jenis pekerjaan yang menjanjikan setelah masa studi. 

Kemampuan berbahasa Inggris di era Industri 4.0  sangatlah diperlukan. Hampir di berbagai sektor pekerjaan membutuhkan pekerja yang memiliki kemampuan berbahasa Inggri,s baik secara aktif maupun pastif. Para lulusan Sastra Inggris dengan berbekal kemampuannya tentu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bersaing dengan lulusan jurusan lainnya. Perusahaan plat merah, perusahaan swasta hingga lembaga internasional menawarkan pekerjaan yang menggiurkan dengan mensyaratkan kemampuan berbahasa Inggris. 

Anyway, jurusan Sastra Inggris tidak hanya belajar tentang Bahasa Inggris tetapi juga mempelajari linguistik dan sastra secara mandalam. Disamping itu, jurusan ini juga menawarkan matakuliah terkait kebudayaan Inggris, Amerika, dan Australia serta matakuliah keahlian loh, Sobat Bee! Salah satu contohnya adalah English for Journalism. Jadi jurusan ini sebetulnya sangatlah fleksibel dan memiliki prospek karir yang luas.

Mau tau apa saja? Yuk kita kupas satu persatu lima profesi lulusan Sastra Inggris yang jarang diketahui banyak orang!

1. Eksportir

Proses menjual barang ke perusahaan luar negri adalah tugas staff eksportir disuatu perusahaan. Tak hanya menangani siklusnya tetapi juga eksportir bertanggung jawab memasarkan produk dengan menonjolkan informasi terkait keunggulan produk sehingga dapat bersaing dengan barang dari luar negeri. Kemampuan berkomunikasi dengan bahasa asing khususnya bahasa Inggris sangat diperlukan bagi seorang eksportir. Jadi alumni Sastra Inggris juga dapat turut mengambil andil di profesi ini meskipun sebenarnya berkaitan erat dengan jurusan yang ada di fakultas ekonomi.

2. Jurnalis

Tidak sedikit lulusan jurusan Sastra Inggris yang bekerja sebagai seorang jurnalis. aktivitas seorang jurnalis adalah menulis, menganalisa, dan melaporkan suatu kejadian berbentuk berita. Kegiatan ini dilakukan di berbagai media massa seperti koran, radio, media sosial, internet, dan portal berita. Lantas apa korelasinya profesi ini dengan jurusan Sastra Inggirs?

Selama masa studi mahasiswa Sastra Inggris dituntut untuk bisa menulis secara ilmiah dengan baik dan benar. Tidak jarang tugas yang diperoleh sangat dekat dengan kepenulisan berupa essay, karya tulis, makalah dan sebagainya. Selain itu pada beberapa Universitas menawarkan mata kuliah keterampilan jurnalistik pada jurusan ini, salah satunya adalah Universitas Andalas.

3. Diplomat

Seorang diplomat bertugas mewakilli negaranya untuk berdiplomasi dengan negara lain. Kemampuan berkomunikasi, dan bernegosiasi adalah kunci utama yang harus dimiliki oleh seorang diplomat. Menjadi seorang diplomat juga harus mengetahui secara mendalam mengenai negara nya sendiri serta Negara tempat ia akan dipekerjakan dari berbagai aspek. Selama masa perkuliahan mahasiswa jurusan ini kerap mempelajari terkait budaya, sosial, politik, seni, dan aspek kehidupan lainnya. Oleh sebab itu hal ini dapat menjadi modal utama bagi mereka untuk bekerja sebagai diplomat. Disamping itu, kemampuan berbahasa asing juga salah satu syarat tidak kalah penting dari yang lainnya.

4. Leksikografer

Jenis profesi ini memang tidak terlalu dikenal banyak orang. Namun pekerjaan ini cukup menajnjikan loh untuk lulusan Sastra Inggris! Leksikografer bertugas menulis, mengompilasi, dan mengedit kamus yang dipublikasikan secara online maupun cetak. Pekerjaan ini memerlukan kemampuan linguistik yang memadai. Bekal linguistik yang dimiliki lulusan satsra Inggris sangat membantu untuk mendapatkan profesi ini.

5. Staff Organisasi dan Lembaga Internasional

Output yang sudah pasti diperoleh alumni sastra Inggirs adalah kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni. Skill ini akan menjembatanihal-hal utama yang menghubungkan dengan karir sebagai staff organisasi dan lembaga internasional seperti WHO, UNESCO, ASEAN, dan lain-lain. 

Eits, jangan lupa baca juga:

Raih Kesuksesan Bersama Kebab Baba Rafi

Ingin Tingkatkan Kualitas Penampilan? Berikut 6 Tips Grooming Khusus Cowok!

Nyeri Haid Membuatmu Sulit Bekerja? Kamu Bisa Ajukan Cuti Haid. Ini Ketentuannya!

Kenalan sama Bisnis Waralaba: Primadona Usahawan Pemula

Itulah ke-5 profesi yang berasal dari sastra inggris yang menawarkan gaji yang cukup menggiurkan. Bagi Sobat Bee yang sedang menempuh studi ataupun berniat ingin memilih jurusan Sastra Inggris, good luck, ya! Jangan lupa perkaya skill lainnya supaya bisa meraih karir yang cemerlang nantinya.

Penulis: Dian Mardhiyyah

Editor: Olganisya Prilidha Syade

Sumber gambar: deckarenas.com

Referensi:

Quipper Campus Jurusan Sastra Inggris Filsafat & Ilmu Budaya (Diakses pada 28 Juli 2021)

Kampusaja 17 Prospek Kerja Sastra Inggris (2021) (Diakses pada 28 Juli 2021)

  • Transition Words: Firstly. Secondly. Thirdly. Fourthly. After That. Moreover. In conclusion. Therefore. In other words. However. For instance. Above all. In addition. Similarly. Also. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. But. Certainly. Therefore. Chiefly. Comparatively.

  

Comments

Leave a Comment