Kenali 7 Istilah Profesional dalam Bidang HR

Seseorang yang bertanggung jawab untuk menjembatani hubungan karyawan dengan perusahaan dan menjaga suasana lingkungan perusahaan agar tetap kondusif adalah tugas dari Human Resources (HR).  Dalam perannya, setiap profesi memiliki istilah tersendiri, begitu juga dalam bidang HR. Nah, jika kamu ingin berkarir menjadi seorang HR, maka kamu harus paham beberapa kosakata profesional yang sering digunakan di dunia kerja. 

Istilah profesional di bidang HR penting sekali kamu ketahui, supaya tidak bingung ketika nanti diskusi sama partner kerja. Yuk, simak untuk tau apa saja istilah di bidang HR!

7 Istilah Profesional dalam Bidang HR

1. Job turf

Graphical user interface, application

Description automatically generated with medium confidence

Job Turf mengarah pada istilah karyawan yang memiliki keterampilan atau kemampuan khusus dalam bidang pekerjaannya, yang tidak dimiliki oleh karyawan lainnya. Hal itu yang membuatnya punya nilai lebih baik dari pada pegawai lainnya. 

2. Re-architect 

Graphical user interface, application, PowerPoint

Description automatically generated

Istilah di bidang HR yang merujuk pada manajemen perusahaan memanfaatkan kemampuan dan keterampilan karyawan untuk membantu proses kerja perusahan sekaligus meningkatan keahlian yang dimiliki oleh pegawai perusahaan. 

3. Zero-barrier office

Graphical user interface, application, PowerPoint

Description automatically generated

Zero – barrier Office adalah Istilah HR yang digunakan untuk menggambarkan perusahan yang memiliki sifat ‘keterbukaan’ dan tidak memiliki kesenjangan sosial yang terjadi. Dimana seluruh karyawan dan supervisor dapat berkomunikasi satu sama lain secara terbuka tanpa ada rasa segan ataupun takut.

Baca Juga:

Hybrid Working: Sistem Baru Untuk Membantu HRD di 2022

Ketahui 4 Tips Agar Profile LinkedIn dilirik HRD!

Memulai Jasa Ketik Online, Kenapa Enggak?

3 Tips untuk Memulai Hobi Fotografi

4. High-road strategy 

Graphical user interface, application, PowerPoint

Description automatically generated

Istilah ini tentu tidak asing lagi digunakan di dunia kerja. High-road Strategy adalah cara memberikan kesejahteraan bagi karyawan. 

Mengarah tentang bagaimana strategi atau cara manajemen perusahaan dalam memperhatikan loyalitas untuk anggota karyawan. Mulai dari memberikan gaji yang sesuai, menyediakan fasilitas, waktu, hingga pelatihan untuk pegawai.

5. Soft-skill

Graphical user interface, application

Description automatically generated

Soft Skill merupakan keterampilan individu yang berhubungan dengan atribut personal serta kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan.

HR sendiri memiliki peran untuk melihat soft skill yang dimiliki oleh karyawan, mulai dari jiwa kepemimpinan, manajemen waktu, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan untuk bekerja sama dalam tim dan masih banyak lainnya.

6. Design thinking

Graphical user interface, application, PowerPoint

Description automatically generated

Sudah jelas sesuai dengan namanya, istilah yang menggambarkan bagaimana cara seseorang berpikir mengenai hal pekerjaan. Mulai dari mempelajari sesuatu yang baru, menganalisa persoalan perusahan, memikirkan strategi dan taktik untuk mengatasi persoalan, dan mengimplementasikan hasil pemikirannya.

7. Open hiring 

Graphical user interface, application

Description automatically generated

Proses perekrutan kandidat yang dilakukan secara terbuka. Artinya tidak memandang latar belakang kehidupan calon pegawai dan berlaku untuk siapa saja. Biasanya dengan cara memilih kandidat yang pertama kali mengirim berkas lamaran pekerjaannya.  Open hiring terjadi ketika, calon kandidat mencari pekerjaan dengan cara memberikan Curriculum Vitae (CV) ke booth/stand yang ada, kemudian akan secara langsung dilakukan proses wawancara. 

Paparan diatas merupakan istilah-istilah professional di bidang HR yang harus kamu ketahui. Jika salah satu rekan kerja kamu yang menyebutkan istilah tersebut, tentu saja tidak membuatmu bingung. Semoga membantu ya, Sobat Yaasmin! 

Penulis: Rizky Dita Prayogies

Editor: Devi Oktaviana

Sumber Gambar: Dataon.com

Referensi: Dataon 7 Istilah HR (Diakses pada 24 September 2021)

Tyas Hanina 8 Istilah Profesional dalam Bidang HRD & Artinya, Ada Open Hiring Juga (Diakses pada 24 September 2021)

  • Transition Words: Firstly. Secondly. Thirdly. Fourthly. After That. Moreover. In conclusion. Therefore. In other words. However. For instance. Above all. In addition. Similarly. Also. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. But. Certainly. Therefore. Chiefly. Comparatively. In addition. Concurrently. Consequently. Contrarily. Conversely. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. Additionally. Again. Also. And. As well. Besides. Equally important. Further. Furthermore. Then.
  • Share this post

Comments

Leave a Comment