Ketahui SEM, SEO, dan SMO dalam Bidang Digital Marketing

Strategi pemasaran online atau dikenal sebagai digital marketing sudah marak digunakan. Berbagai platform tersedia untuk menjalankannya seperti SEM (Search Engine Marketing), SEO (Search Engine Optimization), SMO (Social Media Optimization). 

Keberadaaan 3 platform ini memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu terkait penggunaanya. Mau tau penjelasan lengkapnya? Yuk simak artikel berikut!

Apa Itu SEM, SEO, dan SMO?

SEM (Search Engine Marketing)

People using search box for query, engine giving result. Free Vector
Sumber by freepik.com

SEM adalah pemasaran dengan meningkatkan visibilitas website pada mesin pencari melalui optimasi dan periklanan. Biasanya berbentuk banner pada web tertentu atau iklan yang muncul ketika sedang melakukan pencarian. Penggunaan SEM merogoh kocek yang cukup tinggi. Sistemnya pay-per-click, artinya jika ada yang mengklik iklan tersebut maka pemasang iklan harus membayar.

SEO (Search Engine Optimization)

Seo links webinar hand cyberspace concept Free Photo
Sumber by freepik.com

SEO adalah pemasaran dengan mengoptimalkan website agar muncul di halaman pertama pencarian Google. Penggunaan SEO tidak memerlukan dana hanya saja kamu perlu membayar untuk biaya maintenance agar mendapat hasil yang diinginkan.

SMO (Social Media Optimization)

Influencers on social media landing page Free Vector
Sumber by freepik.com

SMO adalah pemasaran dengan memanfaatkan sosial media. Terdapat sistem yang berbayar maupun gratis. Iklan berbayar meliputi Facebook ads, Instagram Ads, dan sebagainya. Ikla gratis dapat dilakukan dengan pembuatan koten menarik di akun sediri.

Baca Juga:

Tertarik Dengan Digital Marketing? Ketahui Peluang Karirnya

Training Digital Marketing : Strategies for Bigger Social Media Engagement

Tips Promosikan Bisnis Melalui Sosial Media

Stres: Penyebab, Gejala, dan Solusi

Kekurangan dan Kelebihan SEM, SEO dan SMO

Kekurangan dan Kelebihan SEM

SEM memiliki beberapa kekurangan antara lain:

– Memerlukan biaya yang relatif mahal sebab target yang dicapai lebih spesifik, relevansi informasi serta iklan yang ditampilkan adalah fitur utama yang disuguhkan oleh SEM.

– Jarang mendapat klik dari audiens

Sedangkan kelebihan SEM meliputi:

-Letak hasil pencarian berada di atas

-Target audiens spesifik

Kekurangan dan Kelebihan SEO

Kekurangan yang dimiliki SEO meliputi:

-Persaingan yang sangat tinggi karena semua web berlomba-lomba mengoptimasi web nya muncul paling pertama.

– Bergantung pada mesin pencari yakni pada pengembangan dan kestabilannya.

Kelebihan SEO antara lain:

-Hemat biaya 

-Kredibilitas sebab SEO tidak berbentuk iklan melainkan langsung merujuk pada artikel web.

Kekurangan dan kelebihan SMO

Kekurangan SMO antara lain: 

– Sulit menjaring audiens karena tidak terdapat fitur khusus pada SMO seperti keyword.

– Cukup kompleks karena harus ekstra bekerja membuat konten-konten penarik perhatian audiens.

Sedangkan kelebihan SMO meliputi:

– Pasar yang luas, sebab saat ini hampir semua orang dari berbagai kalangan menggunakan sosial media.

– Disuguhkan 2 pilihan sistem berbayar maupun gratis.

Itulah penjelasan mengenai SEM, SEO, dan SMO. Mana yang lebih friendly untuk usaha yang sedang dijalani? Silahkan menyesuaikan dengan semua kelebihan dan kekurangan masing-masing strategi digital marketing. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Penulis: Dian Mardhiyyah

Editor: Devi Oktaviana

Sumber Gambar: Exabytes.co.id

Referensi: Mtarget Ketahui Perbedaan SEO dan SMO untuk Strategi Digital Marketing (Diakses pada 24 September 2021)

Purba Kuncara Inilah Kelebihan serta Kekurangan dari SEO dan SEM (Diakses pada 24 September 2021)

Digital Mark Group The Difference Between SEO, SEM, SMO and What You Really Need (Diakses pada 24 September 2021)

  • Transition Words: Firstly. Secondly. Thirdly. Fourthly. After That. Moreover. In conclusion. Therefore. In other words. However. For instance. Above all. In addition. Similarly. Also. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. But. Certainly. Therefore. Chiefly. Comparatively. In addition. Concurrently. Consequently. Contrarily. Conversely. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. Additionally. Again. Also. And. As well. Besides. Equally important. Further. Furthermore. Then.

Leave a Comment