Nicholas Kurniawan: Eksportir Muda dengan Omset Ratusan Juta

Pada masa pandemi ini, ikan hias semakin banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bisnis ikan hias pun kini dianggap memiliki peluang yang menjanjikan. Salah satu pengusaha yang sukses di bidang ini adalah Nicholas Kurniawan.

Nicholas kurniawan merupakan eksportir ikan hias termuda yang sukses di Indonesia. Berkat usahanya, ia pernah meraih juara satu Nasional Wirausaha Muda Mandiri pada tahun 2013.

Namun, pencapaiannya saat ini tidak didapatkan dengan mudah. Yuk intip perjalanan karirnya.

Berkenalan dengan Masa Kecil Nicholas Kurniawan

C:\Users\isma\Downloads\Kisah-Sukses-Nicholas-Kurniawan-Pengusaha-Ikan-Hias-02-Finansialku.jpg
Sumber by finansialku.com

Nicholas kecil ternyata tidak lahir dari keluarga yang berada. Orang tuanya bahkan tidak jarang harus berhutang kesana kemari untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta biaya sekolah. 

Surat tagihan pembayaran sekolah juga sering ia dapatkan karena biaya sekolah yang tak kunjung dibayar. 

Melihat hal tersebut, sosok yang sering dipanggil Nicho ini kemudian bertekad untuk membantu keuangan keluarganya. Ia pun mulai berjualan makanan, minuman, pakaian, dan barang-barang lain sejak kelas dua SD.

Saat SMP, ia bergabung dengan Bisnis MLM (Multi Level Marketing) dan asuransi. Asalkan halal, berbagai usaha ia lakoni untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Memulai Bisnis dengan Satu Paket Ikan Garra Rufa

Bisnis Eksportir ikan hiasnya yang mendunia ternyata dimulai dari satu paket ikan loh, Sobat Yaasmin. 

Saat SMA kelas 2, Nicholas diberikan sepaket ikan Garra Rufa oleh temannya. Ikan Garra Rufa merupakan ikan yang digunakan untuk terapi kesehatan. 

Karena tidak berniat memelihara ikan hias, ia pun menawarkan ikan tersebut di forum media sosial kaskus. Tak disangka, jenis ikan tersebut ternyata memiliki banyak peminat. Sejak saat itulah bisnisnya dimulai. 

Ia mencari informasi tentang penyedia ikan Garra Rufa yang memberikan harga murah. Setelahnya, ia pun membuka toko ikan hias yang ia operasikan secara online dengan nama “Garra Rufa Center”.

Dari bisnis tersebut, ia mampu mendapatkan keuntungan bersih hingga 2-3 juta perbulan. Ia juga berhasil mengumpulkan tabungan sebesar 10 juta rupiah. 

Baca Juga:

Kisah Inspiratif Pendiri KFC, Kolonel Sanders

Kisah Inspiratif si “Master Matematika” dari Indonesia

Peluang Usaha Jasa Pijat Urut Tradisional dan Refleksi

10 Jurusan Kuliah dengan Prospek Menjanjikan di Masa Depan

Mulai Tertarik dengan Bisnis Ekspor Karena Biaya Kuliah

Demi memperdalam bisnis yang ia tekuni, Nicholas kemudian berniat kuliah di Prasetiya Mulya Business School. Namun hal tersebut tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tidak ingin membebani orang tua, ia pun bertekad membiayai kuliahnya sendiri. Saat itu, biaya yang dibutuhkan sekitar 10 juta per bulan. Nicholas akhirnya memiliki ide untuk menjadi eksportir ikan hias. Meskipun ia masih awam pada bidang tersebut, ia tidak menyerah. Ia terus belajar mengenai sistem ekspor ikan hias.

Ia bahkan membangun website dengan nama “Tropical Fish Indonesia”. Nama ini ia pilih karena konsumen luar negeri sering mencari ikan hias dengan menggunakan kata kunci “tropical fish”. Setelah kesulitan mencari penyedia ikan hias yang mau bekerja sama, bisnisnya pun mulai berjalan.

Pernah Ditipu oleh Rekan Bisnis

Bisnis ekspor ikan hias yang dikelola Nicholas sempat terkendala karena ia tertipu oleh rekan bisnisnya sebanyak Rp30 juta rupiah. Hal itu sempat membuatnya down dan putus asa, bahkan ingin berhenti kuliah.

Namun, ternyata hal itu justru membuatnya mendapatkan konsumen baru. Konsumen partnernya yang ikut ditipu kemudian beralih menjadi customer-nya. Setelahnya, dalam kurun waktu 1,5 bulan, ia berhasil mendapatkan uang Rp100 juta.

Eksis dengan Brand Venus Aquatics 

Setelah melalui berbagai kesulitan, Nicholas kini mampu menikmati hasil kerja kerasnya. Bisnisnya bekembang dengan baik dan ia kemudian membuat brand “Venus Aquatics”. Brand yang mulai berdiri tahun 2010 itu kini memiliki omzet hingga mencapai ratusan juta perbulan.

Nah. itu dia kisah tentang pengusaha yang sukses menggeluti ekspor impor ikan hias di Indonesia. Semoga menginspirasi ya Sobat Yaasmin. Stay healthy dan tetap semangat!

Penulis: Ishmah Nurhidayati

Editor: Devi Oktaviana

Sumber Gambar: Kumparan.com

Referensi: Profil Orang Sukses Perjalanan Nicholas Kurniawan Raup Ratusan Juta dari Jualan Ikan Hias (Diakses pada 09 Oktober 2021)

Ajar Pamungkas Nicholas Kurniawan, Kisah Pengusaha Muda Ikan Hias yang Inspiratif (Diakses pada 09 Oktober 2021)

  • Transition Words: Firstly. Secondly. Thirdly. Fourthly. After That. Moreover. In conclusion. Therefore. In other words. However. For instance. Above all. In addition. Similarly. Also. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. But. Certainly. Therefore. Chiefly. Comparatively. In addition. A. Consequently. Contrarily. Conversely. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. Additionally. Again. Also. And. As well. Besides. Equally important. Further. Furthermore. Then.

Leave a Comment