Sering Kesulitan Menghadapi Atasan? Simak Tips Berikut!

Memiliki lingkungan kerja yang baik dengan rekan yang menyenangkan tentu saja menjadi impian semua orang. Bukan hanya lingkungan kerja yang kondusif, hubungan yang baik dengan atasan merupakan faktor utama dalam kenyamanan bekerja. Peran atasan tentu saja sangat berhubungan erat dengan pekerjanya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Bagaimana jika memiliki atasan yang kurang menyenangkan dan membuat tertekan? Jangan buru-buru berpikir untuk resign, pasti ada solusi untuk kesulitan menghadapi atasan tersebut.

Sobat Yaasmin, Ini dia sedikit tips dalam menghadapi atasan yang kurang menyenangkan:

Ketahui Mood Atasan

Setiap orang memiliki suasana hati yang berbeda-beda, begitu juga dengan atasan kalian. Usahakan untuk mengenal suasana hati atasan dengan sharing bersama rekan kerja lainnya. Suasana hati yang sedang tidak baik dapat memicu konflik dengan permasalahan sekecil apapun.

Dengan mengetahui suasana hati atasan, kalian dapat menghadapi atasan dengan tindakan yang sesuai dan mengantisipasi pemicu masalah yang akan terjadi.

Hadapi Secara Dewasa

Ketika terjadi kesalahpahaman dengan atasan, kalian tidak perlu mengambil hati perilakunya yang membuat kurang nyaman. Hal tersebut cukup dihadapi dengan kepala dingin dan sebisa mungkin meredam emosi dengan menunjukkan sikap profesional dalam bekerja.

Komunikasikan dengan Atasan

Cobalah untuk membicarakan hal yang membuat tidak nyaman dalam lingkup pekerjaan dengan atasan. Berbicara secara personal dan terbuka dapat menjadi sebuah solusi atas permasalahan yang ada.

Carilah waktu yang tepat, katakan kamu ingin menjalin kerjasama yang baik dengannya.  Jika berbicara berdua dengan atasan tidak memungkinkan, ajaklah seorang rekan lainnya yang memahami situasi dan permasalahan untuk menjadi penengah sekaligus pihak netral.

Baca juga:

Tertekan Saat Bekerja? Berikut Tips Menyampaikan Keluhan pada Atasan!

Tips Jitu Menjadi Karyawan Baru yang Disegani Atasan

Menjadi Pekerja Cekatan Tanpa Dimanfaatkan Rekan dan Atasan

Mendengarkan dan Berterima Kasih

Saat atasan kalian memberikan kritik terhadap suatu hal, cobalah untuk mendengarkannya dengan baik dan mencatat apa yang menjadi permasalahan. Ucapkan terima kasih atas segala penilaian dan kritik yang telah diberikan oleh atasan terhadap pekerjaan kalian dan jangan lupa untuk memperbaiki segala kesalahan serta mengikuti saran yang telah diberikan.

Ucapan terima kasih dapat meredam amarah dari sang atasan.

Seorang Atasan Sejatinya juga Manusia Biasa

Kita tidak pernah tahu apa yang telah dilalui oleh atasan kita hari ini, juga sebanyak apa kerjaan yang menghadangnya. Ingat, atasan juga manusia biasa yang bisa melakukan perilaku tidak menyenangkan saat merasa lelah. Sebagai karyawan cobalah untuk menghadapi atasan kalian dengan memberikan perhatian kecil, mengajaknya makan siang bersama atau sekedar bercerita mengenai pekerjaan di waktu luang.

Tetap fokus dan profesional dalam bekerja

Tetaplah fokus dengan tujuan bekerja di perusahaan itu, di dalam dunia kerja pasti memiliki permasalahan dimanapun kalian bekerja. Oleh karena itu, dibutuhkan sikap profesional kerja yang mampu memposisikan diri agar mampu memahami tugas dan hubungan dengan sesama rekan yang berada di lingkungan kerja.

Itulah sedikit tips yang dapat diterapkan dalam menghadapi atasan. Jika kalian telah berusaha menghadapi atasan dengan baik dan telah mencapai batas kapasitas diri, kalian dapat mengambil langkah selanjutnya yang menurut kalian lebih baik. Semangat dalam bekerja Sobat Yaasmin, Have a nice day!!

Penulis: Dhifa Sri Ayuning

Editor: Mutiara Alfiyah

Referensi Gambar: freepik.com

Referensi Tulisan:

Glints.id. 5 Cara Menghadapi Atasan yang Kurang Menyenangkan. Diakses pada 22 Oktober 2021

  • Transition Words: Firstly. Secondly. Thirdly. Fourthly. After That. Moreover. In conclusion. Therefore. In other words. However. For instance. Above all. In addition. Similarly. Also. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. But. Certainly. Therefore. Chiefly. Comparatively. In addition. Concurrently. Consequently. Contrarily. Conversely. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. Additionally. Again. Also. And. As well. Besides. Equally important. Further. Furthermore. Then.
  • Share this post

Comments

Leave a Comment