Tak Melulu Jadi Guru, Ini 6 Prospek Kerja Jurusan Matematika

Jurusan matematika merupakan jurusan yang kurang  diminati atau bisa dikatakan kurang peminat di SNMPTN maupun SBMPTN setiap tahun nya. Hal ini dikarenakan mata kuliah didalamnya dianggap rumit dan sukar dimengerti. Padahal jurusan ini tidak melulu mempelajari perhitungan rumus di jurusan matematika  juga diajarkan .

Bagaimana menganalisa sebuah masalah matematis yang dapat mengasah konsep logika berpikir kamu agar dapat memecahkan/menyelesaikan persoalan  tersebut. Jurusan matematika memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Dimasa depan diperlukan banyak lagi lulusan/alumni jurusan matematika.

Lulusan/alumni jurusan dapat kisaran gaji sekitar 68 juta pertahun  itu untuk pemula, dan untuk profesional kisaran gaji yang bisa didapat 125 juta pertahun. Bagaimana Sobat HeRo cukup besar bukan gaji didapatkan? Kita juga dapat banyak hal selain perhitungan rumus yang kadang membuat sebagian.

Baca Juga : Profesi Arsiparis, Begini Tugas dan Kemampuan yang Dibutuhkan

6 Prospek Kerja Jurusan Matematika

Prospek kerja Jurusan matematika bukan melulu hanya akan menjadi guru atau dosen saja. Banyak perkerjaan yang dapat dilakukan oleh lulusan jurusan ini. Apa saja? Berikut paparannya untuk kamu.

1. Ahli Statistik

Tidak dipungkiri jika alumni matematika dapat menjadi ahli statistik. Saat ini ahli statistik sangat diperlukan disegala bidang. Seorang statistikawan bertugas mengumpulkan informasi, melakukan analisis data, dan menafsirkan data untuk mengambil banyak keputusan bisnis.

Statistik dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan seperti bisnis, kedokteran dan kesehatan, pemerintahan, ilmu lingkungan, dan industri. Karena bisnis sekarang telah menyadari bahwa pengambilan keputusan data sangat penting untuk menunjang kebutuhan bisnis.

2. Cryptograther

Sobat HeRo suka matematika dan tertarik dengan pengamanan informasi, sistem enkripsi, persandian, teori pengkodean, dan pemecahan masalah? Mungkin  menjadi Cryptograther menjadi salah satu pilihan yang  tepat.

Cryptografer bertanggung jawab dalam mengembangkan enkripsi dan sistem keamanan menggunakan persandian dan algoritme pada data yang sensitif.

Ilmu  Matematika yang berkaitan erat dengan pekerjaan ini yaitu ilmu aljabar, himpunan, matriks, algoritme, dan persoalan matematika lainnya. Cryptogpher bertugas menjaga keamanan data dalam bidang keuangan, bisnis, militer

Baca Juga : Lulusan IPA? Yuk Simak Prospek Kerja Berikut!

3. Market Researcher

Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat dan kondisi pasar yang tidak menentu membuat perusahaan membutuhkan seorang market researcher atau peneliti pasar. Jika kamu dari jurusan matematika mempunyai passion di bidang alisis dan kreatif yang baik maka market researcher cocok dijadikan pilihan pekerjaan.

4. Bekerja di Perusahaan BUMN

Perusahaan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara ini yang beroperasi di Indonesia antara lain Pertamina, TELKOM, Bank Mandiri, Bank BNI, Adhi Karya, Wijaya Karya, Angkasa Pura, Garuda Indonesia, Pos Indonesia, Sucofindo dan lain-lain. Sobat HeRo lulusan matematika juga dapat bekerja di salah satu perusahaan BUMN tersebut.

5. Financial Manager

Seorang lulusan matematika punya dasar yang baik dalam manajemen keuangan Sebagai seorang manajer keuangan. Kamu bisa berkarir di sektor publik maupun sektor swasta untuk memberikan saran tentang keuangan dan administrasi.

Manajer keuangan  mempunyai tugas dalam perencanaan bisnis yang tepat untuk membantu mengambil suatu keputusan sehingga bisnis akan berjalan sukses secara finansial.

6. Auditor

Pekerjaan auditor ini bisa juga sobat hero jadikan sebuah pilihan ketika menjadi seorang lulusan matematika. Seorang auditor bertugas memastikan dan melaporkan bisnis maupun dari suatu perusahaan atau instansi.

Auditor juga melakukan evaluasi operasi internal dari perusahaan, mengawasi bisnis, dan menjaga kepatuhan terhadap semua hukum dan peraturan yang ada.

Baca Juga : Tidak Terduga! Ini Karier Yang Akan Berkembang Pesat HIingga 2028

Sekian artikel yang kali ini semiga bisa jadi referensi dalam menetukan prospek kerja apa saja yang  bisa diambil. Jika ada saran dan kritik dalam informasi atau penulisan dapat menulis di kolom komentar dan semangat kita khusus para jobseekers.

Penulis : Muhammad Reza Hartami

Editor : Rais Maulana Ihsan

Referensi :

Kampusaja.com. “22 Prospek Kerja Lulusan Matematika (2021)

Leave a Comment