Tidak Seindah yang Terlihat, Kenali Fakta Dibalik Profesi Stylist Idol K-pop!

Menjadi stylist seorang idola Korean pop (K-pop) menjadi dambaan semua k-popers (sebutan fans K-pop). Hal ini tentu karena stylist memiliki keistimewaan bisa berada sangat dekat dengan sang idola. 

Bayangkan, dari menatap wajahnya secara dekat, hingga menata rambutnya. Namun, nyatanya dari sisi dunia kerja, stylist idola k-pop tidaklah “se-enak” dan “se-seru” yang dibayangkan kebanyakan orang. Berikut adalah beberapa fakta dibalik stylist idol kpop yang jarang diketahui!

Fakta Dibalik Stylist Idol K-Pop

Harus Standby 24 Jam

Siapa kira hanya merias wajah dan mix and match baju? Nyatanya penata rias idola k-pop memiliki serangkaian pekerjaan lain. Mereka harus bekerja selama 12 jam sehari dan siap 24/7! 

Mengapa? Stylist harus berhadapan dengan sponsor pakaian idola juga brand baju lainnya. Memastikannya apakah cocok dengan gaya sang idola dan terus mencari perusahaan yang memang sesuai.

Lainnya, mereka harus menjemput pakaianya, mengantarkannya kembali dan memastikannya benar-benar tidak bernoda. Bila ada miss sedikit saja, stylists bisa jadi pihak paling disalahkan brand pakaian dan perusahaan karena tidak betul menjaga pakaian yang diberi.

Upah Rendah

Riset yang dilakukan oleh Asosiasi Pekerja Wanita Korea Seoul mendapat hasil bahwa  beberapa orang wanita yang berprofesi sebagai stylists bintang k-pop bekerja lebih dari 8 jam sehari! Tanpa hari libur, mereka kerap bekerja di akhir pekan.  

Mengabdikan diri tujuh hari dalam seminggu, mereka tidak menghasilkan lebih dari 1.000 US Dollar atau tidak lebih dari Rp15 juta per bulan. Perlu diingat, seminggu penuh! Mereka harus bergerak cepat tiap harinya untuk mengejar schedule sang idola dan meriasnya. 

Beberapa penata rias menurut riset tersebut juga mengaku awal mula bekerja gajinya diberi terlambat. Hal ini sebagai bukti nyata bahwa mereka tidak menjadi penata rias hanya untuk menatap sang idola, tapi memang bekerja.

Mereka harus diuji seperti ini untuk melihat apakah menerima saja gaji yang terlambat dibayarkan dan keluar (karena cukup puas sudah pernah menjadi stylist idolanya) atau bertahan untuk serius bekerja.

Baca Juga:

6 Profesi Menantang Maut dengan Gaji Hingga Miliaran Rupiah

Kenali 7 Istilah Profesional dalam Bidang HR

Do & Don’t ini akan Tuntun Kamu Dapat Panggilan Kerja

3 Tips untuk Memulai Hobi Fotografi

Fisik Lelah

Seorang stylist harus memiliki fisik yang kuat. Hal ini karena mereka harus beridiri merias wajah sang idola. Terkadang juga membungkuk.

Idol selesai tampil atau shooting? Stylist harus siap berdiri mengeringkan wajah dari keringat, merapikan lekukan pakaian. 

Pekerjaan yang mereka lakukan membutuhkan waktu berdiri yang cukup lama.  Tentu, perihal menata rambut dan menghias wajah tidaklah cepat. Idol duduk, mereka yang berdiri merias. 

Baju yang mereka antar dan kembalikan juga berjumlah banyak! Bayngkan, dalam sehari shooting, setidaknya diperlukan 5-6 pakaian untuk dijadikan pilihan. 

Sehari pun bisa lebih dari satu kali jadwal shooting. Berapa berapa banyak pakaian yang harus diambil lalu dikembalikan lagi oleh seorang dalam bagian tim penata rias?

Penutup

Berprofesi sebagai penata idola ternyata tidak selalu menyenangkan. Mereka juga dihadapi oleh segenap kesulitan yang tak terbayangkan kebanyakan orang.

Tidak ada profesi yang benar-benar mengasyikkan. Semua memiliki kesulitannya masing-masing dan membutuhkan kegigihan.  Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan mu dalam melihat sesuatu. Tetap semangat dalam beraktivitas, Sobat Yaasmin!

Penulis: Gisela Jasica Gunawan

Editor: Devi Oktaviana

Sumber Gambar: Pexels.com

Referensi: Ayu Srikhandi Mengungkap Pekerjaan Berat & Gaji Minim Stylist Para Bintang Korea Yang Bikin Miris (Diakses pada 10 Oktober 2021)

TimWowKeren Sering Dikira Enak, Ini Fakta Kejam Di Balik Pekerjaan Stylist Idol K-Pop (Diakses pada 10 Oktober 2021)

  • Transition Words: Firstly. Secondly. Thirdly. Fourthly. After That. Moreover. In conclusion. Therefore. In other words. However. For instance. Above all. In addition. Similarly. Also. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. But. Certainly. Therefore. Chiefly. Comparatively. In addition. A. Consequently. Contrarily. Conversely. Altogether. Another. Basically. Above all. After all. Because. Before. Besides. Additionally. Again. Also. And. As well. Besides. Equally important. Further. Furthermore. Then.
  • Share this post

Comments

Leave a Comment